Jumat, 12 Desember 2008

Perbandingan antara Windows, Linux dan Mac OS

Saya akan menerangkan 3 aspek yang membedakan antara Windows, Linux dan Mac OS, yaitu :
1. Keamanan PC
2. Pengoprasian PC
3. Hardware dan Software

Keamanan PC
Ketiga ini memiliki sistem enkripsi folder yang memudahkan pengoperasiaannya. Dan perlunya untuk menetapkan folder mana yang perlu dienkripsi. Poin tambahan pada Mac OS sewaktu setelah FireVault diaktifkan, secara otomatis dia akan menenkripsi folder “My Documents”. Namun justru penawaran terbaik pada vista. Dimana dengan vista seluruh harddisk dapat dienkripsi dengan beberapa nge-click backup. Tapi hampir tak ada yang gemar mem-backup, sehingga dapat membuat harddisk rusak dan kehilangan besar sering terjadi. Mac OS memenuhi kebutuhan ini, dimana jika anda menutup harddisk eksternal, sistem akan menanyakan apakah perlu menggunakan layanan Backup Time Machine atau tidak. Dalam Windows proteksi dilakukan dalam 2 tahap. Tahap 1 program backup melakukan backup secara menyeluruh. Berkat adanya Wizard, langkah ini tidak menjadi masalah. Tahap 2 adalah mem-backup kondisi sistem yang dikenal sebagai System Restore.

Pengoprasian PC
Dalam windows,anda dapat memilih untuk menklik sekalian dari dalam struktur folder atau menjalankan proses pencarian otomatis yang lama. Hanya dibidangini Windows tampil tidak mengesankan .Sebaliknya sejak tahun 2005 Apple telah menggunakan pencarian pintar bernama Spotlight yang ditiru oleh Linux dan Windows dengan sukses. Windows,Linux dan Mac OS hamper setiap tipe file dapat ditampilkan sebagai preview. Bila diinginkan, Mac OS dapat menampilkan preview dalam iTunes-look dengan CoverFlow sejenis bioskop kecil yang sangat cepat.



Hardware & Software
Software.Dalam kategori ini, Windows berada didepan. Hampir tidak ada program komersial yang tidak berfungsi pada Windows. Perbedaan besar ada pada pengolahan program.Bila pengguna Windows membeli atau men-download setiap aplikasi, pengguna Linux memakai Packet-Manager untuk mengakses sebuah daftar di web yang berisi program actual. Semuanya gratis dan dapat langsung diinstal. Meskipun Windows tidak memiliki kenyaman seperti Packet-Manager, keduanya masih lebih mudah dibandingkan Apple. Dalam Windows entri-entri langsung dimasukkan ke dalam mrnu start dan rutin uninstall disiapkan.
Hardware.Dalam hal pencarian Hardware,pengguna Mac juga sering mengadapi masalah. Hanya perngkat secara khusus ditandai sebagai Apple-compatible yang dapat berfungsi dibawah Mac OS-tanpa masalah driver. Perang windows melawan Hardware yang tidak kompatibel berbeda. Menurut Microsoft, Windows memiliki 10.000 driver. Bila driver yg diinginkan belum terinstalasi, pengguna dapat menginstalasinya kemudian. Hanya sedikit perangkat peri feral yang tidak didukung Windows. Biasanya bila ingin menggunakan notebook WLAN biasanya linux membutuhkan tool NDIS-wrapper yang mengakses Windows-driver.

9 komentar:

Rahmat Fitra Wibowo mengatakan...

bernard bernard!

lo dpt sumber drmn buat ngepost artikel lo ini?

gw mau tau donk!
pngn tau lbh bnyk aja soal linux,,
thx yak!hhe

intheri9hts1d3 mengatakan...

sumpah!!

kren nad.

mantav..

cocok bwt dposting.. YEAH!

*gntian yaa...

intheri9hts1d3.blogspot.com

punya ku mengatakan...

bgue x topik mu nad!!
tapi memeng dari kw na tu kan?
nti g kerja pula kw di klpk mu ky aq..
hehehe..

rini rini dan rini mengatakan...

keren keren ....

saludh bwad lo yang bz nyari artikel ginih ..

hehehe

derii.derii.derii mengatakan...

wah thankz banget ya taz informasi ny....

keren abiz deh...

akhirnya aku br tahu perbedaannya..

thankz.....

betty M mengatakan...

bagus dah artikelnya....

betty jd tw pa se linux...thanx yaw nAt...

coetcoet mengatakan...

duu .
nad .
walaupun aq gaptek gag ngeti komputer n semacam na .
tp artikel na lmayan laa .
mudah d mngrti .
pa lg bwd y kya aq gni .

hhe .

delta mengatakan...

bgs tu artikelnya




bernad tolong lah suaranya itu di kecilin..........

ayu mengatakan...

wah sangat menambah wawasan saya..

terimakasih...!